Berita

Tinjau Gempa Malang, Mensos RI Sepakat Lakukan Relokasi Bangunan Rawan

Minggu, 11 April 2021 - 17:38
Tinjau Gempa Malang, Mensos RI Sepakat Lakukan Relokasi Bangunan Rawan Mensos RI, Tri Rismaharini didampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy saat meninjau langsung lokasi bangunan sekolah di MAN 2 Turen, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES SERANG, MALANG – Menteri Sosial RI (Mensos RI), Tri Rismaharani bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy melakukan tinjauan langsung lokasi bangunan sekolah MAN 2 Turen, Kabupaten Malang yang terdampak akibat gempa Malang pada Sabtu (10/4/2021) kemarin.

Dalam tinjauannya, Risma mengatakan, untuk rumah atau bangunan yang rusak, pihaknya bersepakat akan melakukan relokasi jika lokasi bangunan tersebut dirasa sangat mengkhawatirkan dan berada di sekitar lereng.

"Jika lokasi tidak aman dan sangat mengkhawatirkan, itu dicarikan lokasi yang aman untuk kemudian direlokasi. Hal itu karena kalau semula dikhawatirkan ada sesuatu lagi itu sangat membahayakan," ujar Risma, Minggu (11/4/2021).

Mensos RI Tri Rismaharini a

Kemudian, dikatakan Risma, untuk pembangunan (relokasi) nantinya akan berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

"Nanti kalau itu dibangunkan, PUPR yang akan membangun dengan bangunan standar tahan gempa," katanya.

Dikatakan Risma usai melakukan tinjauan di beberapa wilayah Kabupaten Malang yang terdampak gempa, hingga saat ini menurutnya bangunan di wilayah Kabupaten Malang sendiri tidak terlalu rusak berat.

"Kalau di Kabupaten Malang tidak terlalu rusak berat, hanya rusak ringan saja," ungkapnya.

Untuk update sementara, di wilayah Kabupaten Malang, hingga saat ini ada sekitar 1.070 rumah dan 70 fasilitas umum (fasum) yang rusak akibat gempa bumi.

Mensos RI Tri Rismaharini b

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy yang ikut meninjau langsung lokasi bangunan menyebutkan, pihak PUPR RI nantinya akan melihat bangunan yang berada di Kabupaten Malang dan segera melakukan evaluasi.

Evaluasi tersebut, dikatakan Muhadjir, nantinya akan dilihat apakah bangunan tersebut masih layak untuk dipertahankan atau harus dirobohkan dan dibangun baru atau relokasi.

"Untuk di MAN 2 Turen ini kalau saya lihat kolom-kolomnya masih kokoh. Kemungkinan nanti diberi intervensi dengan struktur yang lebih diperkuat," tuturnya.

Mensos RI Tri Rismaharini c

Akan tetapi, lanjut Muhadjir, untuk bangunan rusak di tempat lain, kebanyakan memang sudah tidak layak. Hal itu dikarenakan memang daerah tersebut rawan longsor dan berada di lereng.

"Tetapi ketika kita turun ke lapangan dan kita lihat barusan, insyaallah tidak separah dengan apa yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) ya," tandasnya saat bersama Mensos RI meninjau lokasi terdampak gempa Malang. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Serang just now

Welcome to TIMES Serang

TIMES Serang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.